Pendiri Intel Corporation

Trio pendiri INTEL corporation (1968) : Robert Noyce, Gordon Moore dan Andy Grove. INTEL adalah Perusahaan / industri semikonduktor yg memproduksi Chip Mikroprosesor seperti Intel 8088, 80186, 80286, 80386, 80486, Pentium, i3, i5, dan i7. Chip Mikroprosesor komersial pertama di dunia adalah Intel 4004 di luncurkan pada tahun 1971 (Mikroprosesor 4 Bit, Frekuensi Clock : 750 kHz).


**
Revolusi komponen semikonduktor dimulai ketika 3 peneliti Bell Laboratories: William Shockley, Bardeen dan Brattain menemukan TRANSISTOR di tahun 1947. Shockley kemudian mencoba mendirikan perusahaan semikonduktor dengan nama : Shockley Semiconductor Laboratory pada tahun 1956. Ini merupakan perusahaan di Silicon Valley dalam sektor produk Semiconductor. Untuk itu Shockley merekrut 8 ilmuwan muda, di antaranya Robert Noyce dan Gordon Moore.

Tetapi ke 8 ilmuwan ini tidak puas dan tidak merasa cocok dengan gaya manajemen Shockley. Mereka hanya bekerja dengan Shokley. Pada tahun 1957 mereka kemudian keluar lalu mendirikan sendiri perusahaan lain – dan dengan dukungan Sherman Fairchild, pemilik sebuah perusahaan instrument dan kamera, mendirikan: FAIRCHILD Semiconductor di tahun yang s, Fairchild adalah perusahaan semikonduktor pertama yang sukses di Silicon Valley.
**
Beberapa tahun kemudian, ke 8 ilmuwan di atas juga keluar dari FAIRCHILD dan mendirikan perusahan lain. Pada tahun 1968 Robert Noyce dan Gordon Moore keluar dan mendirikan perusahaan semikonduktor lain: INTEL inc.

Andy Grove (Andrew Stephen Grove) adalah imigran dari Hungaria yang kemudian pindah ke Amerika, lulus Bachelor di bidang Teknik Kimia dan turut mendirikan Intel bersama dengan Noyce dan Moore. Grove kemudian menjadi CEO INTEL yang kepemimpinannya dipandang berhasili menjadikan INTEL perusahaan kelas dunia.

Gordon Moore memperoleh Ph.D dari Caltech di bidang Kimia. Karya terkendal dari Moore adalah apa yang dikenal sebagai Moore’s Law (Hukum Moore) dalam memprediksi batas-batas teoritis miniaturisasi ukuran semiconductor device di dalam substrat bahan semikonduktor.

Latar belakang pendidikan Robert Noyce adalah Fisika. Ketika menempuh studi program Bachelor bidang Fisika menjelang tahun 1950, Noyce sangat terkesan ketika di salah satu kuliah yang dia ikuti, Dosen Fisika nya menunjukkan contoh sampel-sampel transistor pertama yang ditemukan Bell Laboratories. Noyce mendapat Ph.D bidang Fisika dari MIT pada tahun 1953.

 

This entry was posted in Industri Elektronika. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *