Mata Rantai Produk Elektronika

Simplified Supply Chain of an OEM dari http://greeningit.wordpress.com/2011/08/09/electronic-industry-citizenship-coalition-pilots-carbon-reporting-system/

Supply chain produk elektronik itu cukup panjang.

Cina memang sekarang tempat manufaktur produk elektronik paling kompetitif. Tapi produksi komponen elektronik itu ada dimana-mana, bukan hanya di Cina.

Yang dimaksud manufaktur biasanya di sisi hilir, casing, assembling (components to PCB) mostly dengan SMT, PCB making. That’s it, sisanya komponen yang juga punya supply chain sendiri, dari wafer all the way sampai packaging (misal komponen chipset yang paling punya nilai tambah tinggi).

Level manufaktur ini sering disebut EMS (Electronics Manufacturing Services) kalau hanya terima order assembling saja, atau disebut OEM (Original Equipment Manufacture) kalau juga melakukan disain di level sub-sistem.

Lalu ada supply chain level ODM (Original Design Manufacture). Walaupun namanya juga manufaktur tapi sebenarnya kegiatannya lebih ke level Design, baik hardware nya maupun software nya.  OEM ini kira-kira dapat  dikatakan ODM+EMS.

Tapi seringkali OEM/ODM tidak mendisain semua bagian. Bisa saja hanya hardware nya saja atau paling software level driver saja (interfacing ke HW). Nah, software level lebih tinggi, misal OS, aplikasi, bisa dilakukan oleh yang lain. Untuk kasus Apple, IOS dikembangkan oleh Apple sendiri di US. Tapi Samsung, dia pakai Android yg dikembangkan oleh Google.

Jadi, memang agak “misleading” kalau kita melihat produk elektronik dibandingkan dengan produk lain, misal tekstil.

Sebenarnya, daru produk import itu juga ada saja kemungkinan komponen bertuliskan “Made in Indonesia” yang mostly sebenarnya itu keluaran manufaktur di Batam, terlepas dari siapa yg memilikinya.

Tulisan “made in”, oleh Apple diubah menjadi “assembled in China” lalu ditambahkan “design by Apple in California”. Rupanya orang US punya jiwa nasionalis juga sampai harus membedakan proses ini dan ditulis pada produknya. Bisa di check pada produk Ipad atau Iphone rekan-rekan dibagian belakangnya

Kembali ke Indonesia, lalu apa strategi yg sebaiknya diambil oleh Indonesia?

Nah, tunggu hasil kajian PME dan Kelompok Keilmuan Elektronika ITB selanjutnya

Referensi

Electronic Industry Citizenship Coalition Pilots Carbon Reporting System

This entry was posted in Industri Elektronika and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *