Konsep Teaching Industry / Factory

Konsep Teaching Industry/Factory bukanlah suatu “Industri Pendidikan”, melainkan suatu industri yang dipakai untuk proses pendidikan. Sama dengan konsep “Teaching Hospital”, “Rumah Sakit Pendidikan”. Sebuah Rumah Sakit yang beroperasi layaknya seperti rumah sakit, tapi dimiliki oleh Perguruan Tinggi dan digunakan juga untuk mendidik calon dokter.

Ada beda antara RS Umum dengan RS Pendidikan. Kalau di RS Umum semua pasien apapun penyakitnya baik yang mudah maupun yang susah diterima. Hanya ditentukan dari daya tampung saja.  Kalau RS Pendidikan, ada keterbatasan dalam menerima jumlah pasien. Penyakit yang unik dan sulit malah diterima karena juga perlu dilakukan “riset”, penyakit yang mudah-mudah dirujuk ke RS Umum.

Kenapa bidang kedokteran boleh mendapatkan fasilitas utk “melatih calon sarjananya praktek”, sedangkan di ITB yang bergerak bidang engineering tidak dapat?

Teaching Factory/Industry berbeda juga dengan Laboratorium. Kalau Laboratorium sudah jelas, fungsinya kalau bukan untuk pendidikan dasar, tentunya adalah utk penelitian dasar. Namun laboratorium dasar seperti ini kurang lengkap untuk mengajarkan calon engineer. Sebagai contoh bagaimana seorang calon engineer harus melatih diri dalam membuat produk atau belajar mengoperasikan sebuah instalasi berteknologi tinggi? Hal-hal rumit seperti ini tidak dapat dilakukan di laboratorium biasa.

Salah satu alternatif untuk belajar para mahasiswa adalah dengan menumpang ke industri swasta. Namun mana mau mereka fasilitasnya dipakai untuk pendidikan? Paling jauh adalah sekedar magang dengan jumlah yang terbatas. Nah, bagaimana kita mendidik calon engineer kita agar bisa menjadi engineer “beneran”?  Saat ini paling numpang di perusahaan dosen2 nya …. yg milik pribadi

Ide tulisan dari bapak Adi Indrayanto, staf pengajar di STEI –  ITB (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung)

Editor: Waskita Adijarto staf pengajar di STEI –  ITB (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung)

This entry was posted in teaching factory. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *